close icon
Scroll ke atas untuk melanjutkan
Kantor Bank Indonesia. Shutterstock
icon caption
Kantor Bank Indonesia. Shutterstock
Bisnis
Senin, 08 Maret 2021 18:40

BI: Indeks Keyakinan Konsumen meningkat di Februari 2021

Indeks Keyakinan Konsumen (IKK) Februari 2021 meningkat menjadi 85,8, dari 84,9 pada Januari 2021. 
swipe

Survei Konsumen Bank Indonesia pada Februari 2021, mengindikasikan keyakinan konsumen terhadap kondisi ekonomi membaik. Hal tersebut tercermin dari Indeks Keyakinan Konsumen (IKK) Februari 2021 sebesar 85,8, sedikit meningkat dari 84,9 pada Januari 2021.

Kepala Departemen Komunikasi Bank Indonesia Erwin Haryono mengatakan, keyakinan konsumen terpantau menguat pada responden, dengan tingkat pengeluaran Rp1 juta hingga Rp3 juta per bulan. 

"Secara spasial, keyakinan konsumen membaik di tujuh kota yang disurvei, dengan kenaikan tertinggi di kota Surabaya, diikuti oleh Manado dan Makassar," kata Erwin, Senin (8/3).

Sementara dari sisi usia, kenaikan IKK terjadi pada kelompok usia 20 tahun hingga 30 tahun dan 41 tahun hingga 60 tahun. 

Keyakinan konsumen yang membaik pada Februari 2021 didorong oleh persepsi terhadap kondisi ekonomi saat ini (IKE), baik dari aspek ketersediaan lapangan kerja, penghasilan, maupun ketepatan waktu pembelian barang tahan lama. IKE Februari 2021 tercatat membaik menjadi sebesar 65,1, dari sebelumnya 63,0.

Sementara itu, ekspektasi konsumen terhadap kondisi ekonomi ke depan tetap positif dan relatif stabil dibandingkan dengan ekspektasi pada bulan sebelumnya. Hal ini tercermin dari Indeks Ekspektasi Konsume (IEK) Februari 2021 yang tercatat sebesar 106,5. relatif stabil dibandingkan 106,7 pada bulan sebelumnya.

img
Annisa Saumi
Reporter
img
Hermansah
Editor

Untuk informasi menarik lainnya,
follow akun media sosial Alinea.id

Bagikan :
×
cari
bagikan