close icon
Scroll ke atas untuk melanjutkan
Ilustrasi. Foto Freepik.
icon caption
Ilustrasi. Foto Freepik.
Bisnis
Selasa, 12 Desember 2023 19:42

Jurus e-commerce saat Harbolnas 2023

Hari Belanja Nasional (Harbolnas) terbukti menyedot atensi masyarakat. Transaksi Harbolnas 2022 meningkat dibandingkan sebelumnya.
swipe

Hari Belanja Nasional (Harbolnas) terbukti menyedot atensi masyarakat. Momen di penghujung tahun itu diramaikan oleh beragam promo yang ditawarkan oleh platform e-commerce. Pun dimanfaatkan oleh pelaku usaha untuk menggenjot penjualan. 

Transaksi saat Harbolnas terus meningkat. Hal itu terlihat dari Harbolnas pada 2022 yang mencatat transaksi sebesar Rp22,7 triliun atau meningkat sebesar 26% dari transaksi di tahun sebelumnya. Pembelian produk lokal tercatat meningkat hampir 18% dari pembelian tahun lalu dengan nilai Rp18 triliun.

“Kami berharap transaksi pada Harbolnas 2023 ini juga akan meningkat seperti tahun-tahun sebelumnya, tentunya dengan pembelian produk lokal yang juga akan terus meningkat. Para pelaku usaha terutama pelaku usaha lokal dapat memanfaatkan momen ini untuk meningkatkan penjualannya dan memperluas pasar,” ujar Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan, Selasa (12/12). 

Kampanye ‘Beli Lokal’ 

Pada momen ini, perusahaan e-commerce menyiapkan sederet kampanye untuk menggaet pengguna. Salah satunya, perusahaan teknologi Tokopedia yang meluncurkan kampanye ‘Beli Lokal’.

"Saat momen 12.12, kami menghadirkan deretan inisiatif dan berbagai promo agar masyarakat dapat berbelanja online dengan lebih terjangkau," ujar Presiden Tokopedia, Melissa Siska Juminto.

Kampanye 'Beli Lokal' diluncurkan Tokopedia berkolaborasi dengan pemerintah agar pelaku usaha, khususnya usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) lokal, bisa mendapatkan panggung yang lebih luas termasuk saat momen Harbolnas 12.12. Di kampanye ini, ada pula promo diskon hingga Rp100.000 agar masyarakat bisa belanja produk lokal dengan lebih hemat.Ilustrasi e-commerce menawarkan promo potongan harga. Foto Freepik.

Tokopedia juga bekerja sama dengan TikTok Indonesia untuk kampanye ‘Beli Lokal’. Dengan demikian, tak hanya ditemukan di Tokopedia, kampanye ini juga hadir di aplikasi TikTok Indonesia. Tujuannya, guna memperluas jangkauan para pelaku usaha terutama UMKM.

“Dengan hadirnya kampanye ‘Beli Lokal’ pada aplikasi TikTok, para pelaku usaha, terutama UMKM lokal dapat berinteraksi secara langsung dengan pembeli secara lebih atraktif,” ujar Direktur Eksekutif E-Commerce, Tik Tok, Indonesia, Stephanie Susilo.

Kampanye 'Beli Lokali yang dihadirkan oleh Tokopedia dan TikTok diyakini dapat mendorong pertumbuhan UMKM Indonesia di penghujung tahun 2023. Selain itu juga dapat mendorong pertumbuhan ekonomi nasional.

Sekadar informasi, PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk. (GoTo), perusahaan induk Tokopedia mengumumkan kemitraan strategis dengan TikTok, Senin (11/12). Bisnis Tokopedia dan TikTok Shop Indonesia dikombinasikan di bawah Tokopedia, di mana TikTok akan memiliki pengendalian atas Tokopedia.  

E-commerce lainnya, Lazada Indonesia menggandeng perusahaan pialang asuransi PT Bahtera Wahana Tritata (BWT) dan bermitra dengan perusahaan asuransi MSIG pada Harbolnas 2023. Sebanyak 2.500 pelanggan pertama yang berbelanja produk gadget atau elektronik di platform Lazada akan mendapatkan voucher proteksi gratis selama periode Lazada 12.12 di tanggal 12 Desember hingga 16 Des 2023.

VP of Category Management Lazada Indonesia Canggih Satriatama mengatakan pihaknya mencatat peningkatan dua kali lipat pada pembelian proteksi gadget dan barang elektronik dalam dua festival belanja terakhir.

"Hal ini menandakan betapa pentingnya keamanan dan kenyamanan dalam berbelanja produk gadget dan barang elektronik bagi pelanggan. Dengan fokus pada aspek ini, kami mengurangi potensi kerugian konsumen jika suatu kejadian yang tidak diinginkan terjadi pada barang yang dibeli," tuturnya.

Dia menyebut asuransi mikro merupakan nilai tambah yang diberikan kepada pelanggan dalam menjaga keamanan produk gadget dan elektronik.

"Kehadiran asuransi mikro ini diharapkan dapat membantu masyarakat Indonesia merasa lebih tenang."

Proteksi gadget dan elektronik memberikan manfaat perlindungan terhadap risiko kerusakan atau kehilangan pada produk gadget dan elektronik yang dibeli. Pada platform Lazada, produk gadget mencakup smartphone dan tablet, sedangkan produk elektronik meliputi peralatan rumah tangga seperti kulkas, televisi dan sebagainya.

img
Satriani Ari Wulan
Reporter
img
Satriani Ari Wulan
Editor

Untuk informasi menarik lainnya,
follow akun media sosial Alinea.id

Bagikan :
×
cari
bagikan